Jumat, 05 Juni 2015



SISTEM AIR UMPAN
A.    Steam Drum
Drum uap merupakan komponen utama dari boiler. Fungsi dari steam drum yaitu :
1.      Mencampur feed water (air umpan) yang digunakan untuk berlangsungnya proses.
2.      Menerima campuran air / uap.
3.      Pasokan sirkulasi air ke evaporator melalui downcomers.

Prinsip Kerja Drum Uap
Air umpan yang berasal dari economizer memasuki drum uap. Air ke bagian bawah drum dan kemudian melalui downcomers tempat pemasok. Drum juga untuk memisahkan uap dari air. Semakin besar diameter gendang, pemisahan lebih efisien. Air dan uap ke steam drum dalam arah yang berlawanan. Kemudian uap keluar dari atas drum ke superheaters. Ukuran drum uap dapat dihitung berdasarkan pemisahan uap .Pemisahan uap dan air di drum didasarkan pada perbedaan massa air dan uap. Pemisahan ini biasanya dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu pemisahan primer, pemisahan sekunder dan pengeringan
Kemurnian  dan kualitas uap
a.       Kerusakan akibat pengotor
Kotoran menyebabkan tumpukan pada permukaan bagian dalam tabung. Pengotor menyebabkan perubahan tingkat perpindahan panas dari tabung dan menyebabkan superheater terlalu panas (CO3 dan SO4 yang berbahaya).
b.      Kualitas uap
Air umpan dapat mengandung garam yang perlu dihilangkan sebelum masuk ke superheater.
c.       Kemurnian uap
Konsentrasi pengotor air boiler adalah setelah steam drum dan kadar air uap terhubung.

Blowdown kontinyu
Berkurangnya konsentrasi kotoran padat untuk terus mengurangi jumlah kumulatif padatan terkonsentrasi. Blowdown kontinyu pipa digunakan untuk meniup jumlah air yang keluar dari drum dan ke dalam "tangki blowdown kontinyu"

B.     Sistem air umpan
Sistem air umpan menyediakan  jumlah air umpan untuk boiler. Parameter air umpan adalah temperatur, tekanan dan kualitas. Persediaan sistem air umpan juga menyemprotkan air di superheaters dan reheaters. Sistem air umpan terdiri dari air umpan tangki, pompa air umpan.
1.      Tangki air umpan
Sebuah boiler harus memiliki air umpan sebagai cadangan. Panas yang diserap oleh boiler steam harus diperhitungkan pada cadangan air umpan. Pengurangan gas berlangsung di deaerator sebelum  kondensat dan air makeup mencapai feed tangki air.
2.      Pompa air umpan
Pompa air umpan terhubung dari tangki air umpan ke boiler. Kemungkinan untuk menggunakan pompa air umpan boiler kecil cukup satu, sedangkan untuk unit yang lebih besar setidaknya dua pompa air umpan diperlukan. Biasanya ada dua sama dan terhubung-pararel pompa air umpan dengan kekuatan  tunggal yang cukup untuk memasok kebutuhan air umpan boiler, dalam kasus satu rusak.

C.    Pemanas air umpan
Ada dua jenis pemanas air umpan dalam proses pembangkit listrik: tekanan tinggi (HP) dan tekanan pemanas rendah (LP) air umpan. Dari jumlah tersebut, pemanas air umpan HP biasanya terletak setelah pompa air (sebelum economizer) dalam proses pembangkit listrik. LP air umpan pemanas yang biasanya terletak di antara kondensor dan tangki air umpan (deaerator) dalam proses. Tinggi pemanas air umpan tekanan juga disebut jenis-tertutup pemanas air umpan karena cairan tidak dicampur dalam jenis penukar panas.

D.    Kontrol Uap Suhu
Konsumen uap (misalnya turbin) membutuhkan suhu uap yang relatif konstan (± 5° C); Oleh karena itu berarti boiler kontrol suhu uap diperlukan. Sistem kontrol suhu uap membantu mempertahankan efisiensi turbin yang tinggi, dan suhu bahan turbin di level yang wajar. Sebuah superheater konvektif akan menyebabkan kenaikan suhu uap sebagai output uap meningkat.
Metode untuk kontrol suhu uap adalah:
1.      penyemprotan air di superheated steam
2.      mengurangi uap (superheater memotong)
3.      membuang gas buang
4.      re-sirkulasi gas buang

E.     Dolezahl attemperator
The Dolezahl attemperator (atau hanya attemperator atau de-superheater) adalah suhu uap sistem kontrol yang menggunakan kondensat sebagai air semprot. Dalam sistem attemperator Dolezahl uap jenuh dari drum uap mengarah ke kondensor yang didinginkan oleh air umpan. Injector menyemprotkan air menjadi uap dan dengan demikian mengurangi suhu uap superheated. Injector biasanya terletak antara tahap superheater.

F.     Air Penyemprotan
Air penyemprotan aliran uap adalah metode yang paling umum untuk kontrol suhu steam. Keuntungan utama dari air berbasis penyemprotan kontrol suhu adalah kecepatan dan efektivitas dari peraturan. Hal ini dapat digunakan untuk memanaskan uap kontrol suhu. Fungsi utama dari air semprot adalah untuk mengurangi suhu uap dengan menyuntikkan air ke aliran uap bila diperlukan. Hal ini juga digunakan untuk mencegah tabung superheater terhadap suhu yang berlebihan naik (terlalu banyak pemanasan berlebih), yang dapat menyebabkan kerusakan tabung superheater. Air bisa disemprot menjadi air umpan (biasanya) atau kondensat (steam kondensat dari proses boiler). Sistem menggunakan kondensat disebut attemperator.

Jenis alat penyemprot air
Dua jenis yang ada dari pendingin uap dikategorikan dengan cara pendingin air atomisasi:
a.       Pengabut berdasarkan aliran air bertekanan
b.      atomisasi oleh aliran uap
Prinsip alat penyemprot berdasarkan air bertekanan memiliki kemungkinan penyemprotan air arah dan jenis nozzle. Jenis sistem ini berlaku ketika variasi aliran uap tidak besar dan perbedaan suhu antara uap yang masuk harus didinginkan. Alat penyemprot berdasarkan uap menggunakan uap sebagai media untuk atomisasi. Uap tekanan rendah dan menengah juga digunakan sebagai materi penyemprot dengan mendapatkan pendinginan yang lebih efektif. Aliran atomisasi uap biasanya konstan, menjadi sekitar 20% dari aliran air pendingin.

1 komentar :

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
    Harga
    Terjangkau
    Spesial
    Solusi
    Penawaran spesial


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO

    BalasHapus